RANGKUMAN EKSEKUTIF
A. Konsep
Bisnis
Awal kami memulai usaha
jasa cuci sepatu ini bermula dari hobi salah satu anggota kami dengan sepatu/sneakers.
Dengan hobi kevin tersebut dengan sepatu ini kami berfikir untuk membuka jasa
pencucian sepatu.
Alas Klasik merupakan
usaha jasa yang bergerak dipelayanan pencucian sepatu. Jasa pencucian sepatu
ini tidak hanya untuk sepatu yang mahal/bermerek, tetapi juga untuk seluruh
jenis sepatu baik dari sepatu anak kecil hingga sepatu anak dewasa. Target
pasar utama kami adalah para remaja hingga dewasa khususnya para mahasiswa yang
ada di Jogjakarta.
Jasa pencucian sepatu ini
bukanlah jasa cuci sepatu pertama yang ada di Kota Jogjakarta. Selain itu jasa
cuci sepatu khususnya di Jogja juga sudah banyak dan sudah mempunyai kios/toko.
Alas Klasik Care dalam proses pengerjaannya masih di rumah pribadi (kevin) dan
untuk interaksi dengan pelanggan masih menggunakan sosial media yaitu WhatsApp
dan Instagram. Jasa cuci sepatu ini menggunakan sistem “Cash On Delivery” dan
“Free Pick Up and Delivery” dengan wilayah yang sudah ditentukan.
B. Misi
Perusahaan
1. Memberikan
layanan yang ramah kepada pelanggan.
2. Memberikan
layanan yang terbaik bagi pelanggan.
3. Mengutamakan
kualitas kebersihan sepatu.
4. Menjaga
keamanan bahan sepatu pelanggan.
5. Mendirikan
toko untuk menyakinkan kepada pelanggan.
6. Membangun
inovasi terbaru, terutama dalam teknologi perlengkapan dan peralatan.
C. Produk/Jasa
Beberapa penawaran
produk/pelayanan dari Alas Klasik yaitu:
1. Fast
Cleaning
Merupakan pelayanan pencucian
sepatu dengan estimasi waktu pengerjaan 1-2 hari. Pelayanan ini meliputi: Upper
(Bagian atas sepatu), Mid Sole (Bagian tengah sepatu), dan Out Sole (Bagian
bawah sepatu). Harga Rp20.000,00.
2. Deep
Cleaning
Merupakan pelayanan
pencucian sepatu dengan estimasi waktu pengerjaan 2-3 hari. Pelayanan ini
meliputi: Upper (Bagian atas sepatu), Mid Sole (Bagian tengah sepatu), Out Sole
(Bagian bawah sepatu), dan In Sole (Bagian dalam sepatu). Harga Rp30.000,00.
3. Unyellowing
Merupakan pelayanan
sepatu yang memutihkan Mid Sole sepatu yang sudah berwarna kuning. Pelayanan
ini memiliki estimasi waktu pengerjaan 2-4 hari. Pelayanan ini meliputi bagian
Mid Sole dengan tarif Rp50.000,00 free pelayanan Fast Cleaning.
4. Repair
& Repaint
a. Reglue
Merupakan pelayanan
pengeleman ulang atau perekatan ulang sepatu pada In Sole dan Out Sole dengan
memiliki tarif Rp30.000,00.
b. Repaint
Merupakan pelayanan
pengecatan ulang sepatu atau penebalan warna sepatu yang telah pudar sesuai
dengan warna sepatu aslinya. Pelayanan ini memiliki tarif Rp90.000,00 –
Rp120.000,00 free Fast Cleaning.
c. Recolour
Merupakan pelayanan
mengganti warna sepatu selain warna sepatu aslinya. Pelayanan ini memliki tarif
Rp100.000,00 – Rp150.000,00 free Fast Cleaning.
D. Persaingan
Alas Klasik melakukan
pemasaran melalui bebagai sosial media karena disisi lain Alas Klasik belum
mempunyai toko sendiri. Disamping itu dengan banyaknya pesaing baik yang belum
mempunyai toko ataupun yang sudah mempunyai toko, membuat Alas Klasik harus
bekerja keras untuk mengungguli para pesaing. Alas Klasik memberikan harga yang
lebih murah dibandingkan dengan pesaing yang sudah mempunyai toko sendiri. Alas
Klasik juga sering memberikan potongan harga atau meawarkan harga yang spesial
kepada pelanggan supaya dapat menarik pelanggan yang banyak. Selain itu,
tentunya Alas Klasik berusaha melakukan pelayanan yang lebih baik dari pesaing.
Terbukti dengan adanya pernyataan dari konsumen yang mengaku sepatunya lebih
bersih ketika dicuci di Alas Klasik dibandingkan di tempat-tempat yang lain.
E. Target
dan Ukuran Pasar
Dengan bertambahnya
kesadaran orang/masyarakat untuk merawat dan mencucikan sepatu kesayangannya
tetapi tidak tahu bagaimana mencuci sepatu yang benar maka Alas Klasik berencana
untuk memperluas pasar sasaran ke berbagai daerah di Indonesia dengan membuka
toko kecil atau dengan bergabung pada toko-toko yang sudah ramai diberbagai
daerah. Misal barbershop, toko pakaian, dll. Akan tetapi Alas Klasik masih
memaksimalkan pasar sasaran dan berkeinginan untuk membuka toko di Jogjakarta.
F. Strategi
Pemasaran
Kunci stategi pemasaran Alas
Klasik adalah berfokus pada orang yang suka merawat, hobi terhadap sepatu dan
suka kebersihan sepatu khususnya anak remaja (mahasiswa). Alas Klasik dapat
bersaing dengan perusahaan sejenis karena Alas Klasik mampu menciptakan kreativitas dan mampu
berinovatif dalam melakukan strategi pemasarannya. Alas Klasik juga mampu
melayani seluruh jenis sepatu (Segmen) yang berbeda di dalam pasar.
GAMBARAN PERUSAHAAN
A. Identitas
Perusahaan
Alas Klasik adalah usaha
jasa cuci sepatu. Usaha ini berdiri pada tanggal 2 Oktober 2018 untuk memenuhi
tugas kewirausahaan dan juga sebagai tambahan uang saku. Jasa sepatu ini
dipilih sebagai usaha kami karena salah satu anggota memiliki hobi terhadap sepatu
yang kemudian dikembangkan menjadi bisnis usaha cuci sepatu. Sampai saat ini
usaha kami masih berjalan.
B. Visi
dan Misi Perusahaan
Visi Alas Klasik yaitu
menjadi penyedia jasa pencucian sepatu yang terbaik yang dapat memberikan
kepuasan kepada setiap pelangganya.
Misinya yaitu:
1. Memberikan
layanan yang ramah kepada pelanggan.
2. Memberikan
layanan yang terbaik bagi pelanggan.
3. Mengutamakan
kualitas kebersihan sepatu.
4. Menjaga
keamanan bahan sepatu pelanggan.
5. Mendirikan
toko untuk menyakinkan kepada pelanggan.
6. Membangun
inovasi terbaru, terutama dalam teknologi perlengkapan dan peralatan.
C. Gambaran
Sekilas Tentang Produk/Jasa
Alas Klasik merupakan
usaha jasa yang bergerak dipelayanan pencucian sepatu. Jasa pencucian sepatu
ini tidak hanya untuk sepatu yang mahal/bermerek, tetapi juga untuk seluruh
jenis sepatu baik dari sepatu anak kecil hingga sepatu anak dewasa. Target
pasar utama kami adalah para remaja hingga dewasa khususnya para mahasiswa yang
ada di Jogjakarta.
Jasa pencucian sepatu ini
bukanlah jasa cuci sepatu pertama yang ada di Kota Jogjakarta. Selain itu jasa
cuci sepatu khususnya di Jogja juga sudah banyak dan sudah mempunyai kios/toko.
Alas Klasik Care dalam proses pengerjaannya masih di rumah pribadi (kevin) dan
untuk interaksi dengan pelanggan masih menggunakan sosial media yaitu WhatsApp
dan Instagram. Jasa cuci sepatu ini menggunakan sistem “Cash On Delivery” dan
“Free Pick Up and Delivery” dengan wilayah yang sudah ditentukan.
Beberapa penawaran
produk/pelayanan dari Alas Klasik yaitu:
1. Fast
Cleaning
Merupakan pelayanan
pencucian sepatu dengan estimasi waktu pengerjaan 1-2 hari. Pelayanan ini
meliputi: Upper (Bagian atas sepatu), Mid Sole (Bagian tengah sepatu), dan Out
Sole (Bagian bawah sepatu). Harga Rp20.000,00.
2. Deep
Cleaning
Merupakan pelayanan
pencucian sepatu dengan estimasi waktu pengerjaan 2-3 hari. Pelayanan ini
meliputi: Upper (Bagian atas sepatu), Mid Sole (Bagian tengah sepatu), Out Sole
(Bagian bawah sepatu), dan In Sole (Bagian dalam sepatu). Harga Rp30.000,00.
3. Unyellowing
Merupakan pelayanan
sepatu yang memutihkan Mid Sole sepatu yang sudah berwarna kuning. Pelayanan
ini memiliki estimasi waktu pengerjaan 2-4 hari. Pelayanan ini meliputi bagian
Mid Sole dengan tarif Rp50.000,00 free pelayanan Fast Cleaning.
4. Repair
& Repaint
a. Reglue
Merupakan pelayanan
pengeleman ulang atau perekatan ulang sepatu pada In Sole dan Out Sole dengan
memiliki tarif Rp30.000,00.
b. Repaint
Merupakan pelayanan
pengecatan ulang sepatu atau penebalan warna sepatu yang telah pudar sesuai dengan
warna sepatu aslinya. Pelayanan ini memiliki tarif Rp90.000,00 – Rp120.000,00
free Fast Cleaning.
c. Recolour
Merupakan pelayanan
mengganti warna sepatu selain warna sepatu aslinya. Pelayanan ini memliki tarif
Rp100.000,00 – Rp150.000,00 free Fast Cleaning.
D. Perkembangan
Sampai Saat Ini
Alas Klasik berkembang
sangat baik dengan banyaknya pemasukan/pendapatan daripada pengeluaran. Alas
Klasik juga mendapat respon positif dari pelanggan yang sudah mencucikan
sepatunya ke kami. Alas Klasik akan terus berjalan seiring berjalannya waktu,
memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, dan dapat mencapai kepuasan
pelanggan.
E. Status
Hukum dan Kepemilikan
Alas Klasik ini belum
didaftarkan ke pihak terkait atas kelegalannya karena usaha ini masih
memantapkan pada usahanya. Alas Klasik dibuat oleh 5 orang mahasiswa dari
Universitas Teknologi Yogyakarta jurusan S1 Manajemen.
STRATEGI PEMASARAN
A. Trend Dan
Pertumbuhan Industri
Jasa cuci sepatu mulai berkembang
pada era sekarang. Karena munculnya beberapa factor yaitu kesibukan masyarakat
sehingga mereka tidak sempat untuk membersihkan sepatu. Di saat seperti itu
mereka membutuhkan jasa cuci sepatu yang cepat, berkualitas, dan mempunyai
harga yang terjangkau. Hal ini dapat menghemat waktu masyarakat dan juga dapat menimbulkan
peluang usaha baru pada masyarakat.
B. Gambaran Pasar
Gambaran pada sector pasar yaitu
kami memberikan brosur atau poster tentang jasa usaha kami. Sehingga calon
pelanggan kami dapat mengetahui paket mana yang ingin diambil untuk kebersihan
sepatu mereka.
C. Ukuran Dan
Tren Pasar
Usaha jasa cuci sepatu digemari
masyarakat muda karena dapat menghemat waktu mereka dan relative lebih praktis.
D. Peluang Strategi
Peluang strategs kami yaitu
mengandalkan fasilitas atau kelebihan yang kami miliki dari toko lainnya, yaitu
memasang harga yang terjangkau atau harga mahasiswa, melakukan pick up dan delivery
jika ada pemesanan, lalu beberapa pilihan yang kami tawarkan antara lain fast
cleaning, deep cleaning, unyellowing, dan repaint & recolour. Kami juga
menggunakan system promo yang kami lakukan pada saat-saat tertentu, sehingga
dapat menarik minat masyarakat.
E.
Target Pasar
Target pasar kami adalah masyarakat
muda seperti orang yang sudah bekerja, pelajar, dan mahasiswa.
ANALISIS PERSAINGAN
A. Pesaing:
Lokal Dan Lainnya
Alas Klasik melakukan
pemasaran melalui bebagai sosial media karena disisi lain Alas Klasik belum
mempunyai toko sendiri. Disamping itu dengan banyaknya pesaing baik yang belum
mempunyai toko ataupun yang sudah mempunyai toko, membuat Alas Klasik harus
bekerja keras untuk mengungguli para pesaing. Alas Klasik memberikan harga yang
lebih murah dibandingkan dengan pesaing yang sudah mempunyai toko sendiri. Alas
Klasik juga sering memberikan potongan harga atau meawarkan harga yang spesial
kepada pelanggan supaya dapat menarik pelanggan yang banyak. Selain itu,
tentunya Alas Klasik berusaha melakukan pelayanan yang lebih baik dari pesaing.
Terbukti dengan adanya pernyataan dari konsumen yang mengaku sepatunya lebih
bersih ketika dicuci di Alas Klasik dibandingkan di tempat-tempat yang lain.
B. Distribusi
Pangsa Pasar
Pangsa pasar ditujukan
untuk masyarakat muda seperti pekerja kantoran, mahasiswa, dan pelajar karena
usaha kami menawarkan harga yang terjangkau dengan kualitas yang baik.
C. Kelebihan Dibandingkan
Pesaing
Usaha kami mempunyai
beberapa keunggulan yaitu harga yang kami tawarkan relative murah, dan juga
kita menggunakan system pick up dan delivery jika ada pemesanan.
D. Posisi
Dalam Persaingan
Usaha yang kami dirikan
mempunyai peluang yang baik. Usaha ini belum banyak ada, sehingga usaha ini
dalam persaingan masih relative.
RENCANA DESAIN DAN PENGEMBANGAN
A. Tujuam
usaha jangka Panjang
Setelah mendapatkan
pelanggan , akan lebih baik meningkatkan mutu kualitas produk dari usaha ini
dan ingin membangun kerjasama antara clothingan atau mempunyai brand clothing
sendiri tentu saja ingin mempunyai toko/outlet sendiri dan ingin mengembangkannya lagi menjadi lebih
besar
B. Strategi
Demi mewujudkan usaha
jangka panjang perlu strategi yang spesifik untuk mencapainya.
Strateginya dengan
menjaga kualitas produk dari cuci sepatu
dan pelayanan yang ramah terhadap konsumen agar konsumen nyaman saat
memakai jasa cuci sepatu dari usaha kami,
kemudian menggali kharateristik usaha agar usaha cuci sepatu mudah diingat di hati pelanggan.
C. Sasaran
Dan Jadwal Pencapain
1. Menarik
pelanggan dengan social media yang menaparkan gambar produk cuci sepatu dengan
harga yang sesuai standar penjualan .
2. Dengan
cara promosi produk cuci sepatu dengan desain logo yang membuat pelanggan
mejadi terkesan.
3. Pelayanan
terhadap konsumen saat memakai jasa cuci sepatu kami harus ramah sopan dan
santun agar konsumen nyaman.
4. Menjaga
kualitas produk jasa cuci sepatu dan jaminam mutu produk cuci sepatu.
5. Pengelolaan
social media harus di perhatikan keamanan dan kenyamanannya.
6. Perekrutan
karyawan dengan mengutamakan kesetiaan tanggung jawab dan sikap yang baik.
D. Evaluasi
Resiko
Setiap usaha memiliki
resiko yang akan menghadangnya untuk itu meminimalisirkan resiko segera di
lakukan agar usaha berjalan aman dan terkendali.
E. Exit
Plan
Kami akan memberi
potongan harga sebesar 10% bagi yang mencuci lebih dari 5 pasang sepatu dan
bagi yang memesan melalui via online kami akan memberikan free kaos kaki bagi
wilayah Yogyakarta.
RENCANA OPERASI DAN MANAJEMEN
A. Fasilitas
Dalam sebuah usaha fasilitas memiliki peran penting untuk
berjalannya suatu usaha, fasilitas yang kami sediakan dalam usaha kami adalah
melayani COD untuk konsumen dan melayani pemesanan secara online
(WA&Instagram) dan kami juga memberikan stiker kepada setiap konsumen.
B. Proses Produksi
Proses produksi usaha, dalam proses produksi ini kami
lakukan sesuai dengan jenis material sepatu dan permintaan yang diinginkan oleh
konsumen.
C. Pengendalian Persediaan
Dalam pengendalian persediaan kami memperhatikan setiap
bahan yang digunakan dalam setiap proses produksi dari usaha kami dengan sangat
teliti agar tidak terjadinya kesalahan dalam usaha.
D. Pasokan dan Distribusi
Pasokan dan distribusi ini kami lakukan dengan
mengantarkan kepada konsumen area setempat (Jogja).
E. R&D/Pengembangan
Demi meningkatkan kepuasan konsumen, kami memperhatikan
kembali setiap sepatu yang telah kami bersihkan. Agar dapat
mengontrol/antisipasi adanya komplain dari konsumen, untuk menjaga kualitas
dari usaha kami.
F. Kontrol Keuangan
Dalam manajemen keuangan, kami masih bersifat tradisional
(konvensional), sebagai fungsi pendanaan kas dari usaha kami.
G. Tim Manajemen
Tim manajemen dibuat semua keputusan dilakukan oleh semua
anggota.
H. Konsultan
Usaha kami, masih
dalam tahap permulaan jadi kami masih belum memiliki perizinan kepada dinas
pasar.
ANALISIS RENCANA KEUANGAN
A. Proyeksi
Pendapatan
Pendapatan yang didapat
oleh “ Alas Klasik “ saat ini masih tergolong sedikit dan tidak menentu.
Dibawah ini adalah hasil pendapatan Alas Klasik dalam harian, bulanan dan
tahunan namun berhubung Alas Klasik belum genap 1 tahun maka laporan untuk per
tahunnya belum ada.
1. Pendapatan
/hari Rp 30.000 – Rp 60.000
2. Pendapatan
/bulan Rp 600.000 – Rp 700.000
B. Proyeksi
Aliran Kas
Berikut adalah aliran Kas usaha kami “ Alas Klasik “ periode 11 Oktober – 31 Desember 2018:
Kas
Awal
|
|||
Modal Kelompok
|
Rp 296.000
|
||
Penjualan Produk
|
Rp 810.000
|
||
Jumlah
Penerimaan
|
Rp
1.106.000
|
||
Pengeluaran
|
|||
Beban
|
Rp 323.000
|
||
Jumlah
Pengeluaran
|
(Rp
323.000)
|
||
Kas Akhir
|
Rp
783.000
|
C. Sumber Modal dan Penggunaan
Modal usaha kami
diperoleh dari uang pribadi masing – masing anggota yang kemudian di
akumulasikan menjadi sat dan dipergunakan untuk membeli bahan dan alat – alat
yang dibutuhkan untuk kelancaran usaha kami. Karena usaha kami mulai dari awal
jadi modal yang kami butuhkan tidak terlalu besar. Saat ini kami sudah balik
modal dan sudah mendapatkan keuntungan dari usaha kami ini, meskipun laba yang
kami dapat tidak terlalu besar.
KESIMPULAN
Dengan membuat perencanaan bisnis seperti
ii yang diterapkan kepada usaha kami maka hal ini akan sangat membantu dalam
pelaksanaan dan kelancaran usaha kami. Dengan perencanaan seperti ini kami
dapat memanfaatkan peluang – peluang usaha yang terapat di lingkungan
eksternal, dapat mengetahui keunggulan bersaing usaha kami, dan dapat juga
mengetahui lankahyang harus dilakukan untuk menjadikan sebuah peluang menjadi
usaha yang nyata. Sehingga perencanaan bisnis ini menguraikan arah dan tujuan
usaha kami yang ingin dicapai, beserta strategi mencapainya yang dijadikan
pedoman bagi kami pemilik usaha.
LAMPIRAN
Promo Cuci 1 Pasang Gratis Kaos Kaki
Alas Klasik mengikuti bazar & expo kewirausahaan di Universitas Teknologi Yogyakarta
Proses Pencucian Sepatu
Before - After
Price List Alas Klasik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar